√ Laptop ASUS AI yang dibekali NPU Bikin Performa Makin Melejit - Ilhamsadli.com

Laptop ASUS AI yang dibekali NPU Bikin Performa Makin Melejit

Ilhamsadli.com,- Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat membuat segala hal bisa dilakukan dengan mudah, termasuk dalam meringankan pekerjaan. Hadirnya AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi yang semakin memudahkan pekerjaan. Kadang memang saya mikir “apakah nanti dengan menjamurnya AI ini akhirnya membuat manusia semakin malas?”


Tetapi setelah mendalaminya serta beberapa kali mencobanya, akhirnya saya paham bahwa AI bisa membantu memudahkan pekerjaan. Salah satu buktinya adalah ketika sedang mengalami buntu, AI bisa dijadikan salah satu solusi. Lalu bagaimana jadinya jika AI ini mulai masuk ke perangkat seperti Laptop seperti perangkat terbaru dari ASUS.

Sekilas Tentang ASUS dan Perkembangannya

ASUS merupakan sebuah perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis dan router terbaik di dunia. ASUS yang didirikan tahun 1989 sudah memberikan banyak gebrakan dalam teknologi informasi dan perkembangannya di dunia. Mengenai perkembangan dunia teknologi ini, akhirnya ASUS juga tidak kalah menariknya dan menghadirkan produk terbarunya yang sudah dibekali Neural Processing Unit (NPU) untuk bisa menjalankan aplikasi berbasis AI dengan efisien.


ASUS Menghadirkan Jajaran Laptop Terbaru dibekali AI

Kamis, 1 Agustus 2024 di Hotel Platinum Surabaya, saya berkesempatan untuk hadir dalam acara ASUS Gathering dalam rangka pengenalan jajaran perangkat terbaru ASUS. Dan yang sangat menarik adalah jajaran Laptop ASUS ini sudah dibekali dengan NPU yang mendukung kinerja untuk AI.

Dalam acara gathering tersebut, pihak ASUS melalui mas Firman sebagai Head of Public Relation di ASUS Indonesia menyampaikan bagaimana perkembangan ASUS dari tahun ke tahun hingga akhirnya memilih untuk menerapkan AI dalam perangkat terbarunya. Setelah dimanjakan dengan pengenalan lebih dalam tentang ASUS, kemudian dilanjutkan penyampaian dari mas Luthfi Fuadi consumer Product Marketing ASUS Indonesia memperkenalkan jajaran laptop ASUS AI yang dibawa hari itu.

Pihak ASUS sendiri sudah memperkenalkan produk terbarunya ini di beberapa daerah, sebagai bentuk kepedulian terhadap konsumen. Beberapa jajaran laptop ASUS yang dikenalkan ini bisa dipastikan performanya melejit jauh jika dibandingkan dengan perangkat ASUS non AI. Ini adalah beberapa Laptop ASUS yang dibekali NPU untuk menunjang kinerja dengan AI, ASUS Zenbook DUO (UX8406), ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Zenbook 14 OLED (UM3406), ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406), dan ASUS Vivobook S 14 OLED (M5406).

jajaran laptop ASUS AI
dokumentasi pribadi

Mbak Nadia Public Relations ASUS & ROG yang sekaligus menjadi pemandu acara pada hari itu mencoba mendemokan bagaimana AI bisa memberikan performa dan kecepatan. Karena semua jajaran laptop ASUS AI ini merupakan laptop untuk daily activity, jadi memang diperuntukkan untuk digunakan daily. Beberapa demo yang dilakukan kemarin adalah menggunakan Capcut dalam melekukan beberapa tes fitur dan lebih canggihnya lagi adalah dibandingkan dengan laptop dengan spek yang sama tapi tanpa NPU.

Perbandingannya bisa dibilang cukup signifikan, karena laptop yang sama dengan tidak dibekali NPU mampu memproses data lebih cepat, dengan perangkat tanpa NPU melakukan olah data 5% dalam sepersekian detik sedangkan pakai NPU bisa 25% dalam sepersekian detik. Kemudian karena sudah dibekali dengan Windows 11 terbaru dan terupdate, sniping tool yang biasa kita gunakan untuk motong gambar di layar bahkan dibekali AI. Ketambahan dengan adanya copilot dalam perangkatnya membuat banyak hal bisa dikerjakan dengan mudah.

Copilot inilah yang berperan seperti ChatGPT namun bisa dibilang lebih yahud, dengan beberapa keunggulan dan sudah terpasang di perangkat.Tidak hanya itu, fitu AI yang terpadang di camera membuat penggunanya lebih mudah dalam melakukan video conference. Karena ada AI eyecontact serta bisa diterapkan background blur. Untuk keamanan sudah dilengkapi dengan privacy sheild juga.

Pilihan Laptop ASUS AI untuk Pengguna

Zenbook DUO (UX8406) merupakan satu-satunya AI laptop dengan dua layar yang ada saat ini. Zenbook DUO (UX8406) bukan sekadar laptop dengan dua layar biasa. Laptop yang juga dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards ini punya lima skeanrio penggunaan, membuatnya sangat fleksibel untuk berbagai aktivitas. 

Laptop ini juga merupakan laptop yang powerful. Ditenagai oleh prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 9 yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™, sehingga perangkat ini juga tampil sebagai laptop ASUS AI. Zenbook DUO (UX8406) ditenagai oleh Windows 11 dan didukung Copilot untuk pengalaman AI sekaligus multitasking tak tertandingi. Zenbook DUO (UX8406) hadir di Harga mulai dari Rp34.999.000.

Untuk yang membutuhkan laptop AI tipis dan ringan, Anda bisa menggunakan ASUS Zenbook 14 OLED UX3405 (versi Intel) ataupun Zenbook 14 OLED UM3406 (versi AMD). Kedua laptop ini, diperkuat oleh prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H ataupun AMD Ryzen™ 7 8840HS. Kedua laptop menggunakan layar OLED resolusi hingga 3K, RAM hingga 32GB dan storage M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD dan dipasarkan mulai dari harga Rp16.799.000.

Bagi yang ingin masuk ke industri AI dengan perangkat pendukung lebih terjangkau, Anda bisa memilih ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) ataupun Vivobook S 14 OLED (M5406). Kedua laptop ini diperkuat oleh prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H ataupun AMD Ryzen™ 7 8840HS dengan TDP yang lebih tinggi yakni hingga 50W. Produk ini juga sudah dipasarkan di harga mulai dari Rp15.799.000.

Nanti coba saya jabarkan satu-satu ya detail perangkatnya sehingga lebih mudah dipilih. Untuk sementara ini dulu ya.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Laptop ASUS AI yang dibekali NPU Bikin Performa Makin Melejit"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink