√ Aplikasi Kolaborasi Tim: Kunci Meningkatkan Komunikasi dan Kerjasama di Tempat Kerja - Ilhamsadli.com

Aplikasi Kolaborasi Tim: Kunci Meningkatkan Komunikasi dan Kerjasama di Tempat Kerja

Ilhamsadli.com,- Pernahkah kamu melihat video kelompok semut yang melawan elang? Jika pernah maka sebenarnya itu adalah penggambaran dari keberhasilan sebuah tim, dimana tim yang solid dibangun di antara komunikasi dan kerjasama. Ketika sebuah tim yang solid sudah dibangun, nah disitulah kesempatan untuk terus berkembang terbuka lebar. Dalam kasus ini, aplikasi kolaborasi tim bisa menjadi solusi yang tepat untuk membangun kerjasama serta komunikasi, dan pastinya bisa dipantau.

Aplikasi Kolaborasi Tim
Sumber: paxels

Percaya atau tidak, tetapi hampir semua pekerja pernah berada dalam posisi bekerjasama secara tim dalam jenjang karirnya. Meskipun memang tidak banyak yang berhasil bekerja dalam tim, karena banyak alasan tetapi kebanyakan kendala yang menghalangi adalah masalah komunikasi dan kerjasama. Aku pribadi punya pengalaman demikian, berawal dari organisasi nirlaba yang mengharuskan dikerjakan bersama tim, namun karena dari awal tidak kubangun komunikasi yang baik alhasil harus mengambil posisi CEO (chief everything officer).

Komunikasi yang Efektif Menjadi Kunci

Dalam suatu perusahaan tentu dibutuhkan sebuah Business Tools yang akan mempermudah komunikasi dalam lingkup yang kecil maupun besar. Berkaca juga dari pengalamanku pernah menjadi staf di salah satu lembaga zakat nasional di Malang. Ketika itu berada dalam divisi Marketing dan Komunikasi, seperti namanya komunikasi tetapi ternyata sangat susah untuk menjalin komunikasi yang efektif.

Kunci Meningkatkan Komunikasi
sumber: pexels

Memang tidak bisa menyalahkan keadaan dengan adanya tumpukan pekerjaan yang diluar tupoksi, tetapi karena menggunakan asas kepercayaan dan “demi ummat” akhirnya komunikasi dalam tim amburadul. Kalau boleh jujur, memang disitu aku juga yang salah.

Karena menganggap semuanya sudah punya porsinya masing-masing dan sudah dewasa akhirnya kolaborasi dengan rekan staf tidak terbangun dengan baik. Ketika dilakukan evaluasi oleh HRD, ternyata masalahnya ada di jalur komunikasi. Aku beranggapan A, kemudian rekan lainnya B, dan C akhirnya tidak ada titik temu.

Seharusnya di tim markom sendiri bisa membangun komunikasi yang efektif sehingga kerjasama tim bisa tercipta. Di sinilah fungsi komunikasi sebagai salah satu media agar masing-masing anggota ini paham dan mengerti tugas serta tanggung jawabnya.

Istilah kerennya untuk terjalinnya komunikasi ini adalah orang-orang di bawah naungan payung yang sama memiliki visi dan misi sama. Makanya tidak heran jika dulu setiap ada rapat evaluasi ataupun briefing selalu ada kalimat “oke semuanya, mari kita kembali pada visi dan misi, pastikan kita semua punya visi dan misi sama”.

Memang pelajaran berharga itu adalah ketika sudah digembleng dengan keadaan serta dipaksa untuk menjalin komunikasi. Tidak bisa seorang bekerja sendiri dalam sebuah tim.

Cukuplah dahulu kita merasakan bagaimana kerja kelompok, di mana satu orang bekerja dan lainnya berkelompok. Jika sudah demikian, bisa dipastikan akan sulit untuk berkembang atau bahkan akan terjadi perombakan tim secara terus menerus untuk menemukan partner yang tepat.

Langkah Awal Mengembangkan Komunikasi yang Efektif dalam Tim

Langkah paling awal ketika membangun sebuah tim adalah menjalin komunikasi yang baik. Komunikasi disini bukan hanya sebatas ngobrolnya nyambung, bisa diajak guyon atau sejenisnya, melainkan bagaimana membangun sebuah kepercayaan.

Sebuah tim yang berkembang dengan baik, tentunya di dalamnya ada kepercayaan kepada timnya. Selain kepercayaan, kejujuran juga menjadi satu poin penting dalam sebuah komunikasi.

Tim yang memiliki yang efektif secara tidak langsung akan membangun produktivitas kerja. Lebih utama lagi adalah tidak ada diantara tim yang saling menyalahkan, melainkan memberi masukan serta kritik membangun. Dan satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah jangan mudah baper dalam sebuah manajemen kerja.

Bukti bahwa dengan komunikasi yang baik bisa meningkatkan produktivitas kerja adalah sesama rekan tim bisa saling memahami satu sama lain. Sehingga tidak ada lagi orang yang tidak memprioritaskan pekerjaannya tetapi malah sibuk dengan yang di luar pekerjaan. Komunikasi yang terbangun dengan baik akan menciptakan kerjasama yang baik serta pemahaman tim akan job desk nya masing-masing.

Cara Membangun Komunikasi Efektif

Membangun komunikasi yang efektif menjadi satu hal penting dalam pengembangan sebuah bisnis ataupun organisasi. Untuk mendapatkan komunikasi yang menjalin kerjasama, bisa coba terapkan hal di bawah ini.

1. Jalin Komunikasi Langsung

Komunikasi secara langsung dalam membangun kerjasama tim dan tidak terlalu bergantung dengan media komunikasi dengan pemanfaatan teknologi. Apalagi jika bekerja dalam dunia marketing, tentu komunikasi secara langsung bisa memberikan efek yang lebih signifikan.

Beda antara komunikasi langsung (face to face) dengan komunikasi yang melalui chat. Kadang typing seseorang tidak mudah diterjemahkan bagaimana penyampaiannya.

2. Selalu Siap Menjadi Pendengar

Menjadi seorang pendengar yang baik adalah salah satu cara efektif membangun komunikasi, apalagi jika tujuannya adalah kolaborasi tim.

Mendengarkan keluh kesah seseorang itu mampu memberikan perspektif yang berbeda. Dengan berbekal banyak perspektif, kemudian keputusan yang diambil ada kemungkinan untuk adil bagi semua.

3. Memberikan Umpan Balik

Memberikan umpan balik atau minimal memberikan respon positif adalah salah satu bentuk komunikasi yang efektif.

Umpan balik berfungsi banyak selain menjadi evaluasi juga sebagai pandangan baru dari lawan bicara. Tentunya memberikan umpan balik juga menandakan bahwa kita menyimak apa yang dibicarakan

4. Belajar Memposisikan Diri

Memposisikan diri juga tidak kalah pentingnya, misalkan saja memposisikan kapan harus memberikan umpan balik, mendengarkan atau memberi afirmasi. Terlebih jika menjadi seorang pemimpin divisi ataupun pimpinan sebuah perusahaan, memposisikan diri kapan harus bijak, tegas, bercanda atau tindakan lainnya. Setidaknya cara ini akan membuat rekan kerja menjadi betah dan nyaman.

5. Komunikasi Terbuka atau Open Minded

Open minded merupakan satu kunci yang tidak boleh dilewatkan kalau menurutku. Karena open minded ini artinya kamu siap menampung banyak kritik dan masukan.

Di mana semua masukan tersebut bisa dijadikan bahan untuk evaluasi diri hingga menemukan jalan terbaik dari sebuah masalah.

6. Memanfaatkan Software Teknologi

Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, tentu pemanfaatan software teknologi menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan.

Hadirnya aplikasi kolaborasi tim yang akan semakin memudahkan dalam menjalin komunikasi dan membangun kerjasama tim yang solid.

Artinya kesempatan untuk sebuah perusahaan dan orang-orang di dalamnya juga terbuka lebar dalam hal perkembangan.

Software Astakona Membantu Atasi Hambatan Kerjasama Tim

Salah satu solusi untuk menjalin kerjasama tim yang baik adalah memanfaatkan teknologi yang disediakan seperti produk Astakona ini. Karena masalah pekerjaan ini tidak akan bisa lepas dari sistemnya, dan sistem yang dikembangkan Astakona ini membantu mengoptimalkan serta meningkatkan operasi bisnis dengan memanfaatkan software teknologi.

Jika dilihat dari banyak sisi seperti SDM, marketing, operasional hingga teknis, tentu ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan, karena memang software satu ini digunakan sebagai business tools. Dirancang dengan sedemikian rupa untuk menjawab kebutuhan perusahaan sehingga diakui bisa meningkatkan efisiensi serta pertumbuhan.

Siap Berkembang dan Terus Maju dengan Produk Astakona

Dikutip dari website resminya, Astakona menyediakan berbagai tools untuk membantu perkembangan bisnis masa kini dengan memanfaatkan software Astakona. Pemilihan produk yang tepat untuk bisnis akan membantu menunjang produktivitas kerja hingga ke tahap peningkatan penjualan nantinya. Beberapa produk Astakona diantaranya business tools, software Astakona hingga manajemen produksi.

1. Lark Suite

produk Astakona

Semua aplikasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja sudah disediakan di Lark karena memang didesain sebagai aplikasi kolaborasi tim dan project. Jika ingin mempelajarinya terlebih dahulu, bisa mendapatkan demo aplikasinya secara gratis.

Semua komunikasi terhubung dengan messenger. Dengan adanya messenger ini, tentu lebih mudah karena bisa terhubung dengan tim dan melakukan tindakan secara cepat.

Tidak hanya itu, aplikasinya juga sudah menyediakan kemudahan karena sudah sinkronisasi dengan Docs, Sheets ke Mindnotes. Bisa juga berbagi dokumen selama pertemuan (panggilan), cocok ketika harus meeting tetapi dalam perjalanan. Videonya juga ditranskripsikan secara otomatis ketika ada pertemuan.

2. The Sales Machine

Software manajemen Astakona

Software manajemen Astakona selanjutnya adalah memberdayakan untuk pengambilan keputusan dalam marketing. Sehingga pastinya akan lebih memudahkan dalam hal memecahkan rekor penjualan, melihat leader dashboard, membantu mengukur bagaimana kinerja tim hingga manajemen tiket untuk pelanggan memberikan keluhan.

3. Akrivia HCM

Memang produk Astakona layak diberikan jempol, karena memberikan banyak kemudahan untuk pengembangan bisnis lebih lanjut. Akrivia HCM ini termasuk aplikasi HRD yang ada di dalam software Astakona. Banyak fitur yang disediakan dan bisa dimanfaatkan untuk SDM inti hingga manajemen rekrutmen.

manajemen rekrutmen

Untuk SDM inti, sistem manajemen Akrivia HCM membantu menyediakan kebutuhan karyawan seperti absensi kehadiran, cuti, hingga manajemen karyawan itu sendiri.

Sedangkan untuk manajemen rekrutmen ini, karena berbasis aplikasi HRD tentu Akrivia HCM memberikan dukungan penuh untuk proses rekrutmen sehingga lebih memudahkan. Apalagi dengan memanfaatkan AI di dalam aplikasi ini sehingga penjadwalan dan seterusnya bisa dilakukan manajemen juga.

Kesimpulan

Jadi memang Business Tools memang sangat membantu untuk segala hal dalam dunia bisnis. Dengan hadirnya produk Astakona, seperti Lark Suite dan produk Astakona lainnya, kolaborasi tercipta untuk mendukung pengembangan bisnis yang lebih baik dan lebih efisien.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Kolaborasi Tim: Kunci Meningkatkan Komunikasi dan Kerjasama di Tempat Kerja"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink