√ Suka kucing dan Mau Memeliharanya? Ini 7 Persiapan Pelihara Kucing yang Benar - Ilhamsadli.com

Suka kucing dan Mau Memeliharanya? Ini 7 Persiapan Pelihara Kucing yang Benar

Ilhamsadli.com,- Memiliki hewan peliharaan di rumah memang mengasyikan, tetapi kadang ada saja orang yang hanya suka tetapi tidak memerhatikan cara peliharanya. Dan sejauh ini memang hewan peliharaan favorit tetaplah kucing, si hewan berbulu dengan segala keunikan tingkah dan lakunya. Dijadikan pilihan karena kucing biasanya punya mimik dan ekspresi lucu hingga tingkah menggemaskan di luar nalar.

7 Persiapan Pelihara Kucing yang Benar

Persiapan Pelihara Kucing yang Benar

Jika kamu adalah orang yang suka kucing dan mau memeliharanya, maka jangan skip artikel ini karena ada hal penting yang tidak boleh terlewatkan dalam persiapan pelihara kucing. Memang susah-susah gampang merawat kucing, terutama jika sudah berurusan dengan mata belekan, kutu telinga, flu, hingga jamuran.

1. Siapkah Kebutuhan Dasarnya Terlebih Dahulu

Persiapan pelihara kucing yang pertama adalah ketahui dan siapkan terlebih dahulu kebutuhan dasarnya. Diantaranya adalah persiapkan makanan basah dan keringnya disesuaikan dengan kebutuhan, wadah makan dan minumnya, bak tempat buang air dan sekop, pasir kucing, sampo, pengering bulu, gunting kuku khusus kucing, sisir, kandang, dan mainannya.

Selain itu memang perlu menyiapkan kebutuhan lain seperti papan cakar hingga vitamin. Karena jangan sampai kebutuhan dasarnya tidak disiapkan, malah bisa menghambat pertumbuhan kucing atau bahkan jadi pengganggu tetangga.

2. Perkenalkan dengan lingkungan sekitar

Ketika kucing pertama kali datang ke rumah atau tempat baru, biasanya masih perlu adaptasi bahkan ada yang stress karena habis perjalanan. Kadang di beberapa kasus kucingnya sudah tidak lagi menggemaskan karena merasa takut dan terus menerus sembunyi di gelap. Maka ketika kedatangan pertamanya, pastikan menaruh di tempat terbuka dalam rumah dan biarkan ia menjelajah seisi rumah.

3. Perhatikan Cara Pemberian Makanannya

Ketika mungkin tidak cocok dengan satu makanan, baik dari harga atau apapun. Sebaiknya jangan langsung diganti tetapi disarankan bertahap, dengan cara mencampur makanan lama dengan baru. Lakukan secara bertahap dan pastikan vitamin tambahan seperti minyak ikan atau minimal rumput gandum.

4. Siapkan Ruangan Khusus atau Area Khusus

Tujuannya adalah agar si kucing tidak pipis atau pup sembarangan, dan ini juga memberikan kebebasan untuk kucingnya memiliki wilayah teritori. Manfaatkan saja sudut-sudut kamar diletakkan kandang, toilet dan mainannya. Memang terlihat sederhana tetapi hal ini bagus untuk pertumbuhan kucingnya.

5. Perhatikan Kebersihannya

Menjaga kebersihan kucing tidak saja bertujuan agar kucing tetap sehat, tetapi juga menjadi salah satu faktor penting memelihara kucing. Terlebih lagi kucing menjadi peliharaan yang manja, kadang suka masuk kamar dan tidur di kasur atau dipangku. Kalau punya anak kecil, biasanya kucing menjadi mainannya dan tentunya penting untuk tetap menjaga kebersihannya. Memandikannya setiap minggu juga perlu dilakukan.

6. Ajak Bermain

Agar kucing tetap sehat dan aktif, ajak bermain minimal 15-30 menit setiap harinya. Kesehatan mental kucing perlu juga dijaga dengan bermain, bisa dengan mainan atau dengan mengajaknya bermain kejar-kejaran.

7. Lakukan Tindakan Jika Kucing Sakit

Memelihara kucing memang tidak hanya makan dan main, tetapi juga menyiapkan yang dibutuhkan. Misalkan saja suntik vaksin untuk menjaga kesehatannya. Dan yang tidak boleh terlewat juga adalah memberikan tindakan jika kucing mengalami sakit. Beberapa obat kucing berikut ini harus disediakan di rumah sebagai persiapan memelihara kucing.

  • Salep Mata Kucing

Salep mata kucing bisa diberikan jika kucing mengalami masalah pada mata, seperti bengkak, belekan, merah, gatal, atau kering. Tetapi sebelum mengaplikasikannya, pastikan tangan sudah steril hingga membersihkan dahulu are mata kucing. Karena ketika mengalami masalah seperti bengkak, belekan, merah pada mata kucing, jika tidak dilakukan tindakan bisa mengakibatkan infeksi mata. Salep mata biasanya diberikan 3 kali sehari selama 1-3 minggu.

obat salep mata kucing

  • Obat Kutu Telinga Kucing

Masalah yang sering ditemukan pada kucing adalah munculnya kutu di sekitar telinga dalam kucing, sehingga untuk mengatasinya tidak bisa menggunakan obat sembarangan. Memilih obat kutu telinga kucing memang tidak bisa sembarangan, karena telinga kucing termasuk area yang sensitif. Jika kucingmu sudah mulai suka garuk-garuk telinga, maka segera periksa kondisi telinga kucing apakah gatal biasa atau karena kutu.

obat kutu telinga kucing

  • Obat Flu Kucing

Masalah yang juga sering ditemui pada kucing adalah flu, seperti yang dialami oleh pipeur si kucing oren di rumah. Flu berkepanjangan karena sebelumnya tidak sengaja terjerumus ke dalam sumur bekas yang diisi sampah. Kucingnya sering sekali bersin-bersin, hingga akhirnya memilih untuk memberikan obat flu kucing hingga memeriksakannya pada dokter hewan. Jadi memang tidak bisa sembarangan dalam hal perawatan kucing ini.

obat flu kucing

  • Obat Cacing

Masalah kucing yang kurus dan pertumbuhannya terhambat, bisa jadi disebabkan oleh kucing yang cacingan. Kalau pengalamanku, biasanya pemberian obat cacing rutin diberikan sekali dalam tiga bulan. Jadi bukan Cuma manusia yang butuh minum obat cacing, tetapi kucing juga perlu

Belanja Kebutuhan Kucing ya Tokopedia Saja

Nah itu dia beberapa hal penting yang perlu dilakukan sebagai persiapan memelihara kucing. Belanja kebutuhan anabulmu online di Tokopedia ya. Apalagi jika punya rumah yang jauh dari petshop, maka belanja di Tokopedia menjadi solusi yang tepat, dengan banyak pilihan dan simple. Harga yang sudah terjamin juga serta garansinya.

Oh ya, tidak hanya kebutuhan urgent seperti obat untuk kucing, kebutuhan kucing yang lain seperti kandang, kargo, makanan juga bisa dibeli semua. Ketika sedang beruntung, bisa saja mendapatkan cashback hingga 50% atau diskon hingga 50% dengan gratis ongkir. Aplikasi yang user friendly menjadikan nilai plus bagiku.

Kesimpulan

Jadi, untuk kalian yang ingin memelihara kucing di rumah, maka persiapkan terlebih dahulu perlengkapan dan kebutuhan kucing. Jangan takut kucing tidak bisa makan, karena kadang ada saja rezeki untuk memberikan kebutuhan kucing dan ini pengalamanku selama menjadi seorang pecinta kucing.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Suka kucing dan Mau Memeliharanya? Ini 7 Persiapan Pelihara Kucing yang Benar"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink