√ Program Digital Psychology BINUS @Malang eksklusif hadir untuk menjawab kebutuhan Gen Z - Ilhamsadli.com

Program Digital Psychology BINUS @Malang eksklusif hadir untuk menjawab kebutuhan Gen Z

Ilhamsadli.com,- Semakin ke sini memang ada banyak muncul fenomena baru, termasuk fenomena bagaimana kesehatan mental menjadi isu yang paling banyak dibahas. Terlebih lagi ketergantungan generasi sekarang pada gadget dan kurangnya interaksi dengan orang sekitar memancing sebuah penyakit baru bernama masalah kesehatan mental.

Program Digital Psychology BINUS @Malang
dokumentasi pribadi

Jika kesehatan mental atau kondisi psikologis seseorang dipengaruhi oleh teknologi, maka akan menjadi sangat relevan jika teknologi dipengaruhi unsur psikologi. Menyadari kondisi inilah kemudian BINUS @Malang mengambil langkah strategis dengan meluncurkan program baru yaitu Digital Psychology. Jurusan ini menggunakan pendekatan baru dalam menjawab tantangan psikologis era digital, dan pastinya mampu menjadi bekal keterampilan di dunia kerja kedepannya.

Peresmian Program Digital Psychology dan Talkshow Teknologi

Program Digital Psychology ini resmi diluncurkan 25 September 2024 dalam rangkaian acara Studium Generale and Launching New Program di Aula kampus BINUS @Malang dari pukul 09.00 hingga selesai. Turut hadir beberapa perwakilan sekolah dari Surabaya dan Malang serta awak media dan content creator. Dan Saya juga alhamdulillah berkesempatan menghadiri dan menyaksikan bagaimana peluncuran program ini.

Studium Generale and Launching New Program
dokumentasi pribadi

Talkshow yang bertema “leveraging Technology Through People for a Connected Future” menjadi opening yang bagus karena masih berhubungan dengan program yang diresmikan. Dalam talkshow kemarin yang menghadirkan Junialdi Dwijaputra selaku Head of Business – Gamification Agate, seorang data science dan gamification. Peluncuran program baru yang menarik menurut saya.

Acara dibuka oleh dua MC dan kemudian sambutan-sambutan dari Dean School of Computer Science, Dean Faculty of Humanities Binus University, dan Binus @Malang Campus Director. Setelah sambutan inilah kemudian baru dilanjutkan dengan talkshow yang dipandu oleh bapak Raymond Godwin, S.Psi,. M.Si sebagai moderator. Talkshow berlangsung interaktif, terlebih ketika seorang siswa bertanya mengenai tantangan seorang gamification. Menariknya, pertanyaannya sudah layaknya seorang developer karena detail mengenai teknis, efek hingga strategi.

Kenapa Program Digital Psychology Hadir?

Seperti disampaikan oleh pak Remond selaku Deputy Dean Faculty of Humanities bahwa pembukaan program Digital Psychology menjadi langkah penting dalam menjawab kebutuhan industri dan masyarakat yang tidak bisa lepas dari teknologi digital. Program dirancang untuk melahirkan generasi yang profesional tidak hanya dalam bidang psikologi mendalam melainkan juga mampu memanfaatkan teknologi dan data untuk memberikan solusi berbasis digital demi kesejahteraan mental.

dokuemntasi Endrita.id

Disampaikan juga oleh Dr. Robertus selaku direktur BINUS @Malang mengenai bagaimana kurikulum program ini disusun dengan mengawinkan dua bidang studi antara psikologi dan teknologi untuk meminimalisir masalah kesehatan mental kedepannya. Kebutuhan industri di masa depan sudah mendapatkan jawaban atas harapannya nanti. Terlebih lagi karena memang program ini seperti yang disampaikan dalam talkshow bersama Agate bahwa kebiasaan manusia bisa dipelajari sehingga bisa menghadirkan solusi dengan memanfaatkan teknologi.

"Data menjadi kunci untuk memahami bagaimana teknologi bisa mempengaruhi kesejahteraan mental masyarakat. Sebab, dari data kita bisa mendapatkan informasi yang lebih objektif. Kami ingin mencetak tenaga lulusan yang memahami hal tersebut melalui program Digital Psychology. Selain itu, kami juga mendorong lulusan untuk menjadi Digital Technopreneur yang mampu mengembangkan solusi inovatif berbasis teknologi, tidak hanya di bidang psikologi, tetapi juga dalam memajukan industri digital secara keseluruhan. Kami berharap para lulusan dapat menjadi pelopor dalam menciptakan produk dan layanan yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, tetapi juga memiliki nilai bisnis yang tinggi di era digital ini." ujar Dr. Robertus Tang Herman, S.E., M.M., selaku Direktur Kampus BINUS @Malang

(Direktur Kampus BINUS @Malang - dokumentasi pribadi)

Kapan dan Bagaimana Program Digital Psychology ini?

Dalam sesi diskusi dengan awak media dan blogger kemarin, disampaikan bahwa untuk saat ini sudah dibuka pendaftaran untuk menjadi mahasiswa program studi baru ini. Untuk perkuliahan akan dimulai di tahun depan. Sebagai latar belakang bagaimana sebuah teknologi digital pada akhirnya memberikan dampak besar bagi perubahan dalam banyak aspek kehidupan, termasuk munculnya keresahan dan masalah baru. Namun tentu semakin berkembang teknologi maka semakin berkembang juga pengetahuan manusia sehingga perlahan semuanya bisa dipelajari dan diberikan solusi.

Teknologi dan psikologi dalam dua hal yang berbeda namun memiliki hubungan yang erat, karena keduanya selalu berjalan beriringan. Jika sebelumnya banyak psikolog yang mempermasalahkan efek dari sebuah teknologi (sebut saja game) setelah teknologinya berkembang, tentu hal ini bisa diminimalisir apabila mengawinkan dua sisi yang berhubungan ini.

Keterangan dari pihak direksi BINUS @Malang menyatakan bahwa BINUS menjadi pelopor yang mulai merambah ke pengawinan psikologi dan teknologi ini. Harapannya tidak muluk-muluk, karena untuk tahun ini baru dibuka untuk satu kelas dahulu namun tetap ada kemungkinan penambahan kelas jika memang peminatnya lebih dari target.

“Kami sangat menyambut baik hadirnya program Digital Psikologi di BINUS @Malang, karena program ini menjadi jembatan penting antara ilmu psikologi dan computer science. Kami berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan solusi inovatif yang dapat membantu masyarakat sekitar Jawa Timur hingga Indonesia Timur dalam memahami dan mengatasi tantangan kesehatan mental ataupun kesejahteraan masyarakat di era teknologi saat ini. Selain itu juga, dengan adanya beasiswa 100% bagi calon mahasiswa yang berprestasi, kami berkomitmen untuk mendukung generasi muda yang memiliki potensi besar dalam membangun masa depan yang lebih baik melalui digitalisasi psikologi.”, ujar Dr. Elisa Carolina Marion, S.S., M.Si. selaku Dean Faculty of Humanities.


Harapan kedepannya tentu, peresmian program ini bisa menjadi fokus melahirkan generasi baru yang memahami kedua hal yaitu psikologi dan teknologi. Sekaligus peluncuran ini tentu sebagai bukti komitmen BINUS @Malang dalam pengembangan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri serta masyarakat. Sehingga kedepannya bisa hadir teknologi teknologi canggih serta selaras dengan kebutuhan psikis manusia. Dan akhirnya bisa membantu meminimalisir masalah kesehatan mental yang diakibat oleh teknologi.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Program Digital Psychology BINUS @Malang eksklusif hadir untuk menjawab kebutuhan Gen Z"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink